Salafy Garut

Ilmu-Amal-Dakwah-Sabar

Rahasia Sahur

Disini insya Allah ana akan cuplikkan sedikit hal-hal yang berkaitan sedikit dengan puasa. Berhubung kita sebentar lagi akan puasa tul ga??
“Maka bertanyalah kalian kepada ahlinya bila kalian tidak mengetahuinya”(An-Nahl: 43)
dalil yang menunjukkan bahwa sahur disyariatkan diantaranya :
dari al-Qur’an :
“Dan makanlah kalian dan minumlah hingga tampak bagi kalian benang putih dari benang hitam, dari sinar fajar.” (Al-Baqarah: 187)
berkaitan dengan hal ini ada cerita yang menarik dari salah seorang sahabat Nabi Sholallohu’alaihi wasallam yaitu Sahabat Adi bin Hatim rodhiallohu’anhu sebagai berikut : “ketika turun ayat yang mengatakan : Dan makanlah kalian dan minumlah hingga tampak bagi kalian benang putih dari benang hita. Aku menyiapkan tali berwarna hitam dan tali yang berwarna putih dan aku letakkan keduanya di bawah bantalku. setiap saat di kegelapan malam aku melihat kepada keduanya untuk melihat kepada keduanya untuk batas waktu sahur. Sehingga ketika di pagi hari aku bertemu Rosul SAW dan aku ceritakan kepada beliau apa yang aku lakukan. Maka beliau pun bersabda menjelaskan kepadaku : ‘Yang dimaksud di ayat itu sesungguhnya hanyalah hitamnya malam dan putihnya siang”
Nabi tidak marah.dan ini kisah ini menunjukkan bahwa agama islam ini mudah
Dan ada suatu pendapat yang mengatakan bahwa jika kita sahur kemudian terdengar Adzan Subuh maka kita boleh meneruskan makan dan minum tersebut. Dalilnya diantaranya :
“Apabila salah seorang dari kalian mendengar adzan, dan cawan air minum masih ada di tangannya, maka janganlah ia meletakkan cawan tempat minum itu sehingga dia menunaikan keperluan minum dari cawan itu”(HR. Abu Dawud dalam Sunannya juz 2 hal 314 hadis ke 2350 dari Abu Hurairoh RA.)
Kemudian
Imam Bukhori meriwayatkan dari Sahl bin Sa’ad RA, beliau menceritakan : “Aku bersahur dengan keluargaku, kemudian aku segera bergegas menuju masjid agar aku bisa bersujud pada rakaat pertama shalat subuh bersama Rosululloh SAW”
Tapi jika kita melihat perbedaan para ulama ternyata ada yang mendhoifkan hadis Tirmidzi tersebut. Jadi kata mereka jika kita sahur kemudian terdengar adzan maka kita menghentikan makan dan minum tersebut.
Nah sekarang teman-teman mau ikut pendapat yang mana??(tapi inget loh kita harus tanggung jawab…Silahkan didiskusikan kalau mau)
(insya Allah bersambung)

Agustus 24, 2007 - Posted by | dasar islam

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: