Salafy Garut

Ilmu-Amal-Dakwah-Sabar

Jangan berputus asa bertaubat dari dosa saudaraku…

Kadangkala hati umat manusia bisa berbelok kesana dan kesini. inilah yang dijelaskan oleh Nabi Sholallohu’alaihi wa sallam

“Sesungguhnya hati bani Adam seluruhnya berada di antara dua jemari Ar-Rahman, bagaikan hati yang satu. Dia membolak-balikkan sekehendaknya. Kemudian Rosulullah Sholallohu’alaihi wa sallam bersabda “Ya Allah yang Maha Membolak-balikkan hati, arahkan hati-hati kami di atas ketaatan kepada-Mu” (HR.Muslim)

Maka ada kalanya seseorang terjatuh kepada sebuah perbuatan dosa..

Sehingga itu membekas di dalam pikiran dan perasaannya..ya perasaan bersalah kepada Allah Azza wa Jalla.

Namun disaat kita terjatuh kedalam sikap tersebut ternyata Nabi Sholallohu’alaihi wa sallam memberi kita sebuah petunjuk yang diturunkan oleh Allah Azza wa Jalla dan disampaikan kepada ummatnya yang seakan-akan ketika kita memahaminya maka seperti air yang membasahi tenggorokan kita ketika dahaga..dan bisa melompat hati ini karena kemudahan dari-Nya . Nabi bersabda :

“Setiap Bani Adam sering berbuat salah, dan sebaik-baik orang yang berbuat salah adalah orang-orang yang bertaubat” (HR. Attirmidzi dan imam Al Hakim menshahihkannya)

apakah ada hal yang menggembirakan bagi pelaku dosa selain hadis diatas??

Subhanallah ternyata ada..coba simak hadis berikut

“Dan demi Dzat yg juwaku berada di tangan-Nya, seandainya kalian tidak berbuat dosa,nisacaya Allah akan melenyapkan kalian.Dan datanglah suatu kaum yang mereka berbuat dosa, kemudian mereka meminta ampun kepada Allah,lalu mereka diampuni” (HR.Muslim)

dan yang lebih utamanya lagi jika kita bertaubat dengan sungguh-sungguh maka akan dihapuskan  kesalahan-kesalahan terdahulu kepada kebaikan-kebaikan. Alangkah besarnya karunia dan pengampunan yang mulia ini. Allah Ta’ala berfirman :

“kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal saleh; maka itu kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan. Dan adalah Allah maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS.Alfurqon : 70)

oleh karena itu barang siapa yang bertaubat maka dia selamat dan barang siapa yang berpaling maka dia rugi.

tapi tentunya bukan kita bermaksud disini untuk meremeh-remehkan dosa..tidak sama sekali tidak..dan tulisan ini pun hanya untuk orang yang berputus asa dari dosa..bukan orang yang meremehkan dosa.

Saudaraku yang saya cintai karena Allah..Janganlah kita berputus asa dari rahmat Allah karena justru tindakan seperti ini adalah perbuatan dosa besar!! bahkan bisa termasuk sesat!! tidakkah kita ingat bahwa Allah berfirman =

“Ibrahim berkata: “Tidak ada orang yang berputus asa dari rahmat Tuhan-nya, kecuali orang-orang yang sesat.”” (QS.Al-Hijr : 56)

dan berkata Ibnu Mas’ud :

“Dosa-dosa besar yang PALING BESAR ialah syirik kepada Allah, merasa aman dari siksa Allah, BERPUTUS HARAPAN dari RAHMAT ALLAH dan berputus asa dari pertolongan Allah”

Selesai ditulis

di Tanjungpinang kepulauan Riau 16 Romadhon 1431 / 26 Agustus 2010 siang yang panas kurang lebih 14.23

Ya Allah terimalah amal ibadah kaum muslimin sesungguhnya Engkau Maha Penerima doa

Agustus 26, 2010 - Posted by | dasar islam, tazkiyatun nufus

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: