Salafy Garut

Ilmu-Amal-Dakwah-Sabar

Pengobatan Penyakit Wasir/Ambeien/Ambeyen/Hemeroid

WASIR MUDAH DIKENALI
Jika Penderita Menunjukkan Tanda-Tanda Seperti:
1. Gatal dan nyeri di permukaan dubur.
2. Keluarnya lendir atau darah bersama kotoran.
3. Tetesan darah segar dari dubur.
4. Benjolan lunak di permukaan dubur. Pada kasus yang berat, timbul benjolan besar disertai rasa nyeri hingga perderita sulit duduk.
Wasir adalah penyakit atau gangguan pada anus dimana Sphinchter Ani atau bibir anus, mengalami pembengkakan yang kadang-kadang disertai pendarahan. Penyakit wasir ini tidak hanya memberikan rasa sakit kepada pada penderitanya, tetapi juga memberikan rasa minder dan malu karena mengidap penyakit wasir.

 

Ambeien terbagi atas 4 derajat :
Derajat 1 : Disertai dengan perdarahan pada saat BAB (buang air besar)
Derajat 2 : Derajat 1 yang disertai dengan timbulnya benjolan yang keluar pada saat BAB (buang air besar). Benjolan akan masuk sendiri usai
Derajat 3 : Derajat 1 disertai dengan benjolan yang tambah membengkak dan membesar. Benjolan dapat masuk kedalam anus dengan didorong oleh jari.
Derajat 4 : Benjolan tambah membesar dan tidak dapat masuk kembali ke dalam anus.
GEJALA
1. Pendarahan dubur, darah yang keluar bisa berupa tetesan namun juga bisa mengalir deras, darah berwarna merah muda, penderita biasanya tidak merasa sakit.
2. Rasa mengganjal, setelah BAB (buang air besar) ada sensasi rasa mengganjal, kondisi ini menciptakan kesan bahwa proses BAB belum berakhir, sehingga seseorang mengejan lebih kuat, tindakan ini justru membuat ambeien semakin parah.
3. Gatal, karena bagian yang terasa nyeri di dubur sulit dibersihkan, virus akan sangat mudah menyebabkan infeksi kulit yang memicu rasa gatal.3)
AMBEIEN PADA IBU HAMIL
Hal ini terjadi pada ibu hamil akibat tekanan pertumbuhan janin pada vena hemorrhoid. Ibu hamil sangat rentan menderita ambeien karena meningkatnya kadar hormon kehamilan yang melemahkan dinding vena di bagian anus. Banyak ibu hamil yang menderita ambeien setelah 6 bulan usia kehamilan karena adanya peningkatan tekanan vena dalam area panggul.
Beberapa ibu hamil juga mengalami ambeien selama proses persalinan akibat tekanan bayi yang kuat. Komplikasi setelah melahirkan juga memicu ambeien. Sebagai contoh, lembutnya daerah vagina dan bagian anus acap menyebabkan ibu menunda buang air besar, sehingga memicu terjadinya sembelit dan wasir.3)
===> OPERASI BUKAN SATU-SATUNYA SOLUSI <==
OPERASI SEBISA MUNGKIN HARUS DI HINDARI
karena ada kendala misalnya penggunaan anestesia atau pembiusan (mengalami komplikasi saluran napas). Resiko komplikasi juga lebih besar dengan operasi. Dokter-dokter yang menangani wasir di Amerika Serikat dan negara maju lainnya lebih mengutamakan penyembuhan tanpa operasi.
Tips Jika anda sudah terkena Wasir :
1. Makanlah makanan yang banyak mengandung serat dan air sangat bermanfaat memperlunak kotoran dan memudahkan buang air besar.
2. Banyak makan buah-buahan, sayur-sayuran dan biji-bijian karena banyak mengandung serat yang baik bagi kesehatan.
3. Jangan menunda buang air besar karena akan membuat kotoran semakin mengeras dan sulit dikeluarkan.
4. Bila Anda kesulitan buang air besar, cobalah posisi jongkok yang lebih alamiah dan memudahkan keluarnya kotoran.
Resep Obat Tradisional Penyakit Wasir/Ambeien
Wasir atau bawasir atau abeien atau Hemoroid adalah penyakit dimana urat darah menggembung dalam rectum (bagian akhir dari usus besar). Acap kali wasir itu menonjol keluar dari rectum dan dapat dirangsang oleh buang air besar yang keras atau bebal. dalam artikel di wikipedia Indonesia disebutkan :
Wasir, atau sering disebut ambeien (dalam bahasa Inggris Hemoroid) adalah penyakit pada anus dimana Sphinchter Ani atau bibir anus, mengalami pembengkakan yang terkadang disertai pendarahan. Dalam beberapa kasus, wasir atau ambeien disebabkan oleh kesalahan dalam melakukan gerakan pada olahraga tertentu misalnya pada olahraga angkat beban atau olahraga pernapasan, terlalu banyak duduk atau faktor genetika (keturunan).
Gejala-gejala wasir itu adalah :Wasir bisa mengeluarkan darah, terutama setelah buang air besar, sehingga tinja mengandung darah atau terdapat bercak darah di handuk/tisu kamar mandi. Darahnya bisa membuat air di kakus menjadi merah. Tetapi jumlah darah biasanya sedikit dan wasir jarang menyebabkan kehilangan darah yang berat atau anemia.
Wasir yang menonjol keluar mungkin harus dimasukkan kembali dengan tangan perlahan-lahan atau bisa juga masuk dengan sendirinya. Wasir dapat membengkak dan menjadi nyeri bila permukaannya terkena gesekan atau jika di dalamnya terbentuknya pembekuan darah.
Kadang wasir bisa mengeluarkan lendir dan menimbulkan perasaan bahwa masih ada isi rektum yang belum dikeluarkan. Gatal pada daerah anus (pruritus ani) bukan gejala dari wasir. Rasa gatal bisa terjadi karena sulit untuk menjaga kebersihan di daerah yang terasa nyeri ini.
Resep Obat Kuno dan Tradisional Wasir atau Ambeien
Ada beberapa resep obat tradisional dan kuno untuk obat sakit wasir atau ambeien ini. selain resep obat luar/oles, ada beberapa resep obat tradisional untuk di minum. Resep obat kuno dan tradisionalnya adalah :
1. Obat Luar
Tembakau yang baik sebesar kemiri, di rendam dalam air bersih selama 1 menit, lalu sumbatkan ke dalam lubang dubur tiap2 malam ketika akan tidur
2. Obat luar untuk melumas
Bawang merah 3 butir, digiling halus dengan dibubuhi belerang 1 sendok teh, lalu diremas dengan minyak kelapa bersih 1,5 sendok makan. Lumaskan disekitar bagian dubur yang sakit. 2 kali sehari secukupnya
Obat untuk diminum (pilih salah satu)
1. Lempuyang 2 jari diparut diberi air masak 1/2 gelas dan sedikit garam, peras dan disaring. Minum 2 kali sehari secukupnya
2. Tumbuhan kaki kuda 10 helai daunnya + akarnya 10 jari + Batangnya 8 jari + bunganya 10 kuntum. Rebus semua dengan air 4 gelas hingga tinggal setengahnya, lalu disaring. Minum 2 kali sehari 2 gelas
3. Daun patikan cina 1/3 genggam + daun patikan kerbau 1/3 genggam + kunyit 2 jari + gula enau secukupnya. Semua ditumbuk seperlunya. Masak dengan air 4 gelas hingga tinggal setengahnya, saring. Minum 2 kali sehari 1 gelas.
Notes :
Penting : tiap hari, mandilah dengan air hangat 2-3 kali sehari, istirahat yang cukup.
Buah-buahan yang dapat membantu : apokat, tomat, papaya
Syuran kangkung dan selada bagus buat wasir
Jangan makan cabe/Lombok
Pengobatan tradisional AMBEIEN
Ambeien atau wasir dalam istilah kedokteran disebut hemorhoids. Gangguan ini terjadi karena pembuluh-pembuluh darah di daerah anus melebar akibat aliran darah ke jantung terhambat. Pembuluh yang melebar tersebut akan ditutupi selaput lendir,kulit,jaringan ikat atau otot-otot polos yang lama kelamaan membengkas ke hingga membentuk tonjolan. Secara anatomi sebenarnya ambeien bukanlah suatu penyakit melainkan perubahan pada bantalan pembuluh darah di daerah dubur.Di mana pada bagian dubur terdapa tiga pembuluh darah atau arteri. Jika salah satunya terganggu atau terdapat bendungan aliran darah maka pembuluh tersebut akan melebar atau membengkak. Hal ini yang disebut ambeien.
Beberapa hal yang memicu terjadinya ambeien yaitu :
–              faktor usia
–              kehamilan
–              kram saat menejan
–              berada dalam posisi duduk atau berdiri terlalu lama
–              sering mengangkat beban yang berat
–              sembelit kronis
–              usus besar yang tidak berfungsi dengan baik karena penggunaan pencahar berlebih
–              diare kronis yang sering buang air besar
–              sering makan makanan yang mengandung banyak cabe dan rempah-rempah yang memicu melebarnya pembuluh                 darah
Jika ada yang mengatakan ambeien adalah keturunan maka hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena hanya 10-15% saja dari kasus yang ada. Gejala dari penyakit ambeien bermacam-macam tergantung dari tingkat keparahannya. Namun pada awalnya adalah keluhan-keluhan saat buang air besar seperti rasa panas, gatal, dan pedih juga nyeri di daerah sekitar anus. Gejala lain adanya benjolan lunak di dubur dan jumlahnya bisa lebih dari satu dan setelah buang air besar terdapat tetesan darah segar di daerah dubur.
Ada 2 macam penyakit wasir, yaitu wasir luar dan wasir dalam. Pada wasir dalam, pembuluh darah ditutupi oleh selaput lendir yang basah di dalam anus. Pada taraf awal memang wasir tidak terlihat dari luar, namun jika sudah membesar akan menonjol keluar.
Gejala awal wasir dalam adalah keluarnya darah saat buang air besar. Pada wasir dalam ini ada beberapa stadium yaitu :
a.            Stadium 1 : tonjolan masih kecil dan belum keluar. Gejalanya darah menetes setiap selesai buang air besar.
b.            Stadium 2 : tonjolan sudah keluar dengan ukuran sedang. Dengan gejala jika selesai buang air besar, tonjolan keluar namun akan masuk kembali saat penderita berdiri.
c.             Stadium 3 : ukuran tonjolan sudah lebih besar. Gejalanya selesai buang air besar tonjolan keluar dan tidak akan masuk lagi kecuali didorong dengan tangan.
d.            Stadium 4 : tonjolan sudah sebesar bola tenis. Tonjolan ini tidak dapat masuk kembali meski sudah didorong dan harus dioperasi. Pada wasir luar, kulit sudah menutupi pembuluh darah dan berada di luar anus hingga gampang terlihat. Gejala umum wasir luar adalah rasa sakit atau nyeri dikarenakan pembuluh darah yang pecah. Darah yang pecah tidak keluar namun berkumpul menjadi trombus (darah beku).
CARA PENGOBATAN AMBEIEN :
1.BAWANG PUTIH
Tumbuk halus bawang putih secukupnya lalu peras dan ambil airnya. Oleskan air perasan bawang putih di sekitar dubur setiap hari.
2.DAUN SALAK
Rebus 3 lembar daun salak dalam 1 gelas air. Saring lalu tambahkan gula merah secukupnya. Minum 2 kali sehari secara
rutin. Pengobatan ini untuk ambeien yang belum parah dan biasanya penyakit akan sembuh dalam 15 hari.
3.DAUN WUNGU DAN BAHAN LAIN
Cuci bersih 7 lembar daun ungu dan adas pulosari. Rebus dalam 3 gelas air, biarkan mendidih hingga air tersisa 1 gelas.
Saring dan minum setiap pagi secara teratur.
CATATAN :
Daun wungu atau sering disebutjuga daun ungu (Graptophyllum pictum L.) sudah banyak dikenal sebagai obat ambeien. Daun ini mengandung senyawa flavonoid yang bersifat antinflamasi sehingga mampu mengurangi peradangan, nyeri dan pendarahan pada anus.
4.JAMBU BIJI
Cuci bersih beberapa lembar pucuk daun jambu batu muda dan 1 buah pisang batu yang tidak dikupas. Haluskan dan peras hingga mengeluarkan air. Minum air perasan tersebut setiap hari secara rutin sampai penyakit ambeien sembuh.
5.JAMUR KUPING
Rebus 15 gr jamur kuping tambahkan gula secukupnya. Hasil rebusan ini dimakan selama beberapa hari.
6.KECUBUNG
Rebus bagian batang atau daun kecubung yang telah dibersihkan. Gunakan ramuan untuk mencuci anus secara rutin.
7.LIDAH BUAYA
Ambil daging buah dari 1/2 daun lidah buaya yang sudah dibersihkan dan dibuang durinya. Parut lalu tambahkan dengan
1/2 cangkir air masak dan 2 sdm madu. Aduk lalu saring. Minum ramuan 3 kali sehari sampai sembuh. Untuk membantu proses pengobatan,oleskan lidah buaya yang sudah dijus dan dicampur norit serta bubuk gambir secukupnya pada daerah anus yang menderita ambeien.
8.PARE
Cuci bersih akar, buah dan biji pare secukupnya lalu tumbuk halus hingga mendapat 1/2 mangkuk air perasan. Campurkan 2 sdm minyak kelapa. Berendamlah dengan air panas pada bagian anus Anda, lalu tempelkan ramuan dengan menggunakan kapas pada anus.
9.PEGAGAN
Bersihkan dan potong-potong 5 tanaman pegagan berikut akarnya. Tambahkan 1 cangkir air panas dan didihkan sekitar 5 menit. Biarkan dingin lalu minum sedikit demi sedikit 1 cangkir sehari.
10.PISANG KLUTHUK
Parut 1 buah pisang kluthuk atau pisang batu mentah. Peras dan ambil airnya. Campur air perasan pisang dengan adas pulosari secukupnya dan 1 potong gula aren. Aduk, saring kembali. Lalu minum sekaligus.
11.SARANG SEMUT
Tumbuhan sarang semut (Myrmecodia pendans) mengandung flavonoid dan tanin yang tinggi dan terbukti mampu mengobati ambeien. Jika tidak bisa mendapatkan bahan dari tanaman sarang semut secara alami, Anda bisa membeli kapsulnya yang sudah jadi dan banyak dijual di pasaran. Minumlah kapsul sarang semut sesuai anjuran pada kemasan secara rutin sampai ambeien sembuh.
12. TAPE SINGKONG.
Makanlah  tape  singkong  yang   benar-benar  masak  (sangat lembek)  secara  rutin  3  kali  sehari. Lakukan kebiasaan ini walaupun gejala ambeien sudah menghilang. Beberapa literatur menyebutkan bahwa tape dari bahan lain seperti tape ketan putih atau tape ketan hitam juga  bisa mengobati ambeien,bahkan ambeien yang sudah parah sekalipun. Konon ragi yang terkandung pada tape bisa menyehatkan pencernaan dan saluran pembuangan.
13. TERONGUNGU
rebus terong ungu, lidah buaya dan sambiloto hingga mendidih. Gunakan air rebusan ini untuk membasuh anus yang menderita ambeien.
14.MENGIKAT GUMPALAN DAGING
Alternatif pengobatan lain jika ambeien sudah keluar adalah dengan mengikat erat gumpalan daging yang keluar
 menggunakan benang jahit nilon. Masukkan kembali daging tersebut ke dalam anus, tunggu 3 sampai 4 hari maka daging tersebut akan putus. Setelah daging lepas minumlah antibiotik untuk mencegah infeksi. Namun, hal ini sebaiknya dilakukan oleh orang yang cukup mengerti tentang kesehatan. Jika Anda awam lebih baik tidak melakukannya Carilah tenaga medis atau berobat ke rumah sakit lebih dianjurkan untuk menangani penyakit Anda.
Diagnosis
Diagnosis wasir yang membengkak dan terasa nyeri ditegakkan berdasarkan hasil pemeriksaan di daerah anus dan rektum. Untuk keadaan yang lebih serius, misalnya tumor atau kanker, bisa dibantu dengan pemeriksaan anoskopi dan sigmoidoskopi.
Biasanya, wasir tidak membutuhkan pengobatan kecuali bila menyebabkan gejala. Obat pelunak tinja atau psilium bisa mengurangi konstipasi dan peregangan yang menyertainya.
Suntikan skleroterapi diberikan kepada penderita wasir yang mengalami perdarahan. Dengan suntikan ini, pembuluh vena digantikan oleh jaringan parut.
Wasir dalam yang besar dan tidak bereaksi terhadap suntikan skleroterapi, diikat dengan pita karet. Cara ini, disebut ligasi pita karet, meyebabkan wasir menjadi layu dan putus tanpa rasa sakit. Pengobatan ini dilakukan dengan selang waktu 2 minggu atau lebih. Mungkin diperlukan 3-6 kali pengobatan.
Wasir juga bisa dihancurkan dengan menggunakan laser (perusakan laser), sinar infra merah (fotokoagulasi infra merah) atau dengan arus listrik (elektrokoagulasi).
Pembedahan mungkin digunakan bila pengobatan lain gagal.
Bila wasir dengan bekuan darah menyebabkan nyeri, maka bisa diobati dengan cara:
-duduk berendam dalam air hangat
-mengoleskan salep obat bius lokal
-pengompresan dengan kemiri.
Nyeri dan pembengkakan biasanya akan berkurang beberapa saat kemudian, dan bekuan menghilang setelah 4-6 minggu. Pilihan lainnya adalah memotong vena dan mengeluarkan bekuan, yang dengan segera akan mengurangi nyeri.
Pengobatan wasir dapat dilakukan secara herbal
Pencegahan
Cara terbaik untuk mencegah wasir adalah untuk menjaga tinja tetap lunak sehingga dapat keluar dengan mudah, sehingga mengurangi tekanan dan tegangan pada anus tuntaskan sesegera mungkin setelah ada rangsangan buang air besar. Olahraga, termasuk berjalan, dan meningkatkan kandungan serat dalam diet dapat membantu mengurangi sembelit dan mengejan dengan menghasilkan tinja yang lebih lembut dan lebih mudah untuk keluar. Mengurangi waktu untuk buang air besar dan menghindari membaca sementara di toilet telah direkomendasikan.
*Pantangan bagi penderita wasir/ambeien jangan makan pedas, sate kambing dan lain2 yang sifatnya “panas”. Apabila telah sakit untuk pengobatan sementara ambil 7 lembar daun jambu klutuk/jambu batu. Daun jambu setelah dicuci bersih terus direbus sampai air mendidih kemudian tunggu sampai air rebusan itu hangat baru diminum.Ulangi pada malam harinya sampai kira2 2hari atau 3 hari. SEMOGA LEKAS SEMBUH
*Info aja, selain di jaga pola makannya, mungkin teman2 bisa coba obat alami yaitu daun tumbuhan Sambung nyowo (di makan sebagai lalapan atau sayur dan di tumbuk lalu di tempelkan ke wasirnya. mudah2 bermanfaat….
*info. sy penderita wasir bwt obat herbal sy biasa minum rebusan daun ungu (handeleum – sunda) lebih baik lg ditambah daun lidah buaya, sy dpt infonya dari buku obat alternatif terbitan PS trubus.smg bermanfaat.
*jamu daun ungu terbukti berkhasiat!!
Harga bibit tanaman daun ungu cuma 6000 perak kok(bisa buat warisan anak cucu).
Daun ungu 6 lembar dicuci bersih direbus dlm 2 glas air sampe jd 1 glas.saring trus udah tinggal glek.
info. daun ungu atau handeleum sy dapatkan di kuntum nurseries jln raya tajur no 291 bogor, telp 0251 8356752 disana tersedia bibit tanaman obat yg lumayan lengkap.tq
*PERHATIAN BUAT PARA PENDERITA AMBEYEN, BAGI YG BELUM OPERASI BLH COBA OBAT INI, INI BERDASARKAN PENGALAMAN…
1. SETIAP HARI MAKAN PEPAYA 3-4X SEHARI +- 3 IRIS
2. SETELAH MAKAN PEPAYA LANGSUNG MAKAN TOMAT YG UKURAN BESAR 2 BUAH DI IRIS KECIL2 CAMPUR GULA SEDIKIT ATAU SIRUP…
3. LAKUKAN SETIAP HARI SELAMA 1 BULAN, PASTI AKAN MENGECIL
4. JIKA DLM WAKTU 1 BULAN BELUM HILANG BENJOLANNYA, TERUS KAN MAKANAN TERSEBUT SAMPAI BENJOLAN AMBEYEN BENAR2 HILANG.
5. SETELAH AMBEYEN HILANG, MAKAN TERSEBUT TETAP DI KONSUMSI SEPERLUNYA, MISALNYA 3 HARI 1 X ATAU 1 MINGGU 1X, TERGANTUNG KEBUTUHAN
INI SDH TERBUKTI DARI PADA OBAT2AN YG GA JELAS….
*Selasih alias telur kodok juga ampuh menyembuhkan wasir.
*Di RSPAD ada spesialis digestiv namanya Dr. Tan Sunardi, jago nanganin ambeien pake sistim suntik gak sakit cuma 5 menit. Biayanya Rp 1,5 juta obat2nya ambil di apotik Rp 800 ribuan. Kalau belum parah sekali suntik sembuh, kalau sudah parah yah 2 or 3 kali suntik deh. Saya sendiri sudah 25 tahun wasir, dengan 3 kali suntik sekarang wasirnya sudah bablas.
*tips ini hnya membantu meringankan penderita wasir baik yg ringan maupun yg sdh sangat parah sekalipun,agar wasir tdk mengganggu(keluar) saat beraktifitas siang dan malam hari,pengalaman ini saya coba dan ada hasilnya,ttp dg catatan,wasir tetap akan keluar disaat BAB saja.
tumbuk bawang putih dan simpan di lemari es(jgn dibekukan),kira2 untuk pemakaian 1minggu,sekali pakai sekitar 3-4 siung,ambil kain seukuran saputangan untuk membungkus bawang putih yg sdh dingin,sehabis BAB biasanya wasir akan menonjol,jgn dimasukkan ke anus dulu,lgsg cuci sampai bersih,lalu tekankan(jgn cuma ditempelkan) bungkusan bawang putih tsb ke wasir sekitar 1 menit(kl tahan sakit boleh lebih),angkat tekan2,mmg rasanya sakit krn terkena air bawang tsb,stlh itu wasir dorong ke anus pakai bungkusan tsb,stlh itu baring2lah sekitar 10 menit(jgn lgsg beraktifitas),rutin pagi dan sore buat yg sdh parah.dan rasakan hasilnya.selamat mencoba.
*Saya punya tip untuk mengurangi pembengkakan wasir di anus dg cara instan! (khusus yg bengkaknya masih kecil -mungkin dg ukuran bengkak maksimalnya sebesar gundu- kalau sudah sangat besar, tidak tahu apakan akan ada efek samping lainnya atau tidak, jadi yg sudah besar bengkaknya mungkin jangan dicoba, atau kalau ‘ngotot’ masih mau coba mulailah dg suhu yg rendah dulu, misal 40 derajat celcius).
Seperti diketahui, pembengkakan/melar itu karena aliran darah di sekitar anus (pada daerah yg membengkak) tidak lancar atau terhambat. Nah, dg menempelkan daerah bengkak itu dg suhu tinggi maka darah akan “dipaksa” mengalir deras sehingga tidak lama berkumpul di daerah bengkak tsb dan bisa mengurangi kemungkinan terjadinya pengerasan/fibrosis (fibrosis karena diabaikan terlalu lama) ataupun pembekuan darah (trombosis) selain itu pembengkakan bisa berkurang (walaupun temporer yaitu selama belum BAB kembali namun ini pun sudah SANGAT SANGAT membantu)! Ingat fisika dasar, angin mengalir dari tekanan tinggi (suhu panas) ke tekanan rendah (suhu dingin), suhu panas itu adalah tekanan tinggi sedangkan suhu rendah (dingin) memiliki tekanan rendah, dg prinsip ini maka kita memaksa darah yg terpanaskan tsb utk mengalir ke lokasi lain dalam tubuh (karena bersuhu lebih dingin).
CARANYA: Duduk berendamlah selama 10-15 menit dalam ember lebar (ember utk memandikan bayi bisa dipergunakan) dg suhu air minimal 46 celcius kalau bisa tahan 48-50 derajat celcius itu lebih baik lagi. Gunakan termometer akuarium supaya lebih presisi ukuran suhunya. (catatan: posisi duduk seperti saat lagi duduk di atas lantai dimana kedua kaki sedikit dilipat sehingga lutut mengarah keatas) Begitu bengkak di anus terkena air sepanas itu maka efeknya akan langsung terasa (mengempes/menciut). Tapi AWAS, bagi pria ada yg harus dihindari yaitu jangan sampai testis ikut terendam dalam air yg cukup panas tersebut dlm waktu lama (kalau bisa jangan sampai terkena air panas tsb sama sekali) karena hal ini bisa menyebabkan pelebaran pembuluh darah di dalam testis dan ini malah bisa mendatangkan gangguan lainnnya (di dalam testis) yg memerlukan operasi (jika sudah parah dan terasa sakit pd testis). Jadi sebaiknya tinggi air di ember jangan tinggi, cukup hanya untuk merendam anus saja. Selain itu sangat dianjurkan pada saat berendam, kantung testis dipegang oleh satu tangan dan diangkat sehingga tidak terkena air panas tsb!
Jangan dianggap enteng, walau terdengar sederhana tapi cara ini sangat manjur mengecilkan pembengkakan wasir bahkan instan! Jaringan yg bengkak akan mengecil dan bisa bertahan sampai BAB berikutnya. Jadi, bagi Anda yg mulai merasakan gejala wasir disertai pembengkakan bisa menggunan tip ini sehingga pembengkakan tidak jadi lebih parah/besar. Sedangkan bagi Anda yg sudah memiliki bengkak permanen cara ini bisa mengurangi kempisnya! Ide ini bersumber dari teori fisika dasar tsb.
Bagi penderita anal fisser (fissura ani) alias rekahan pada anus/diding anus yg umumnya terasa sangat nyeri bahkan sampai tidak bisa duduk (dan berdiri) akibat rasa nyeri yg luar biasa itu (terpaksa harus tiduran utk menghindari nyeri tsb, dan ini bisa berlangsung sampai beberapa hari/minggu), ada satu produk hasil dari lebah yg sangat manjur utk ini, benar2 manjur, namanya PROPOLIS! Gunakanlah propolis cair yg masih mengandung lilin (Propolis Diamond dari PT Maisya Makmur) karena ini yg sudah dan selalu saya gunakan. Walau banyak merek lain tapi hanya 2 merek yg pernah saya coba dan utk kasus luka (luka apapun) maka Propolis Diamond lebih manjur, termasuk luka di anus (fungsi lain yaitu utk meningkatkan/memperkuat imunitas tubuh). Hanya saja ada kemungkinan terasa gatal bila cairan propolis sudah dioleskan di anus (jadi ditahan saja rasa gatalnya, jangan digaruk/digesek karena bisa lecet terutama daerah perianum/sekitar anus sangat mudah lecet apalagi kalau kondisi lembab/basah yg cukup lama). Propolis cair dioleskan ke luka atau bila lukanya juga ada di dlm anus maka bisa dimasukkan 1-2 cm menggunakan pipet plastik (sebaiknya jangan kaca, kalau sembrono sampai patah khawatirnya nanti malah melukai dinding dlm anus).
Mengapa sebaiknya menggunakan propolis yg masih mengandung lilin? Karena sifat lilin itu akan menimbun/menutupi rekahan luka (coba anda gesekkan sebatang lilin di permukaan yg kasar maka lilin akan menyangkut di permukaan yg lebih dalam alias lubang/pori) sehingga luka akan tertutupi dan dikarantina dari agen luar yg mungkin bisa masuk seperti kuman bakteri terutama dari kotoran/feses saat BAB (jadi luka bisa lebih cepat sembuh) dan sifat antibiotik yg terkandung dlm propolis akan membunuh bakteri/virus (perlu diketahui, terkecuali bakteri, di dunia ini tidak ada obat kedokteran yg bisa membunuh virus, bahkan utk HIV virusnya pun bukan dibunuh/dimatikan tapi obatnya berfungsi utk mengubah struktur DNA virus tsb), disinilah hebatnya produk lebah bernama propolis ini, ia tak hanya mampu membunuh bakteri tapi juga mampu melawan virus begitu juga dg habbatussauda (utk yg satu ini sudah ada fakta dari penelitian ilmiahnya, dimana kuman/bakteri di dunia ini yg sudah 80% imun dg antibiotik kedokteran tapi berhasil dibunuh/ditekan oleh kandungan yg ada dlm habbatussauda, silahkan ‘googling’ dlm bhs inggris). Bagi Anda yg pernah diresepkan semacam salep (ointment dlm tabung aluminium, faktu intment?) untuk mengatasi anal fissure silahkan dibaca kandungan salep tersebut, ternyata ada zat film, nah, zat film ini berfungsi sama dg lilin yaitu utk menutupi luka kecil pd rekahan/fissure. Selain itu propolis mempunyai zat pemati rasa (yg membuat kebas/baal) tapi dlm dosis/efek yg sangat kecil, jadi setidaknya rasa sakit/penderitaan bisa sedikit dikurangi.
Selain itu, propolis cair bisa dikombinasikan dg minyak Habbatussauda (habbatussauda dlm bentuk cair, mirip minyak). Misal, pagi, siang dan malam menggunakan propolis cair (terutama setelah BAB), sedangkan sore menggunakan minyak habbatussauda.
Terakhir, posisi sujud itu bisa mengurangi tekanan pd pembuluh darah di anus, dan bahkan memasukkan/menarik posisi usus besar lebih ke dalam sehingga pembengkakan akibat dari pembuluh darah yg melar/turun ke arah anus bisa sedikit termasukkan ke dalam (tertarik ke atas), jadi posisi sujud ikut membantu dlm masalah wasir dg pembengkakan.
Semoga membantu.
Dari berbagai sumber
sumber tulisan = http://listrikgrosir.blogspot.com/2012/08/penyakit-wasirambeienhemeroid-dan.html

Januari 11, 2013 - Posted by | kesehatan, rileks sejenak

1 Komentar »

  1. resep yg sangat brmnpaat,trksh akhi jazakallah katsiir

    Komentar oleh inul ukhuwwah | Januari 3, 2014 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: