Salafy Garut

Ilmu-Amal-Dakwah-Sabar

Dakwah Kepada Allah hikmah kisah Nabi Yusuf

​✨✨KAJIAN TAUHID✨✨

📚Bab V Dakwah kepada Tauhid 

📌Sekilas mengenai kisah Nabi Yusuf

:idea:Ada yang”unik” jika kita membaca Alquran surat Yusuf ayat 36-41, kita menemukan bahwa Nabi Yusuf ketika akan menjelaskan tafsir mimpi beliau “mengalihkan” dahulu kepada dakwah tauhid yang seakan-akan tidak nyambung, tapi inilah dakwah!! Kita harus sampaikan hal yang lebih penting.. 

‼Ditanya mimpi eh malah jawab dan dakwahkan tauhid.. silahkan Anda cermati baik-baik kisah tersebut, dan silahkan anda baca lebih detailnya lagi dakwah tauhid beliau dalam ayat 37-40 dan baru dijabarkan tafsir mimpi tersebut pada ayat 41 :

💫💫💫💫

36. Dan bersama dengan dia masuk pula ke dalam penjara dua orang pemuda. Berkatalah salah seorang diantara keduanya: “Sesungguhnya aku bermimpi, bahwa aku memeras anggur”. Dan yang lainnya berkata: “Sesungguhnya aku bermimpi, bahwa aku membawa roti di atas kepalaku, sebahagiannya dimakan burung”. Berikanlah kepada kami ta’birnya; sesungguhnya kami memandang kamu termasuk orang-orang yang pandai (mena’birkan mimpi).

37. Yusuf berkata: “Tidak disampaikan kepada kamu berdua makanan yang akan diberikan kepadamu melainkan aku telah dapat menerangkan jenis makanan itu, sebelum makanan itu sampai kepadamu. Yang demikian itu adalah sebagian dari apa yang diajarkan kepadaku oleh Tuhanku. Sesungguhnya aku telah meninggalkan agama orang-orang yang tidak beriman kepada Allah, sedang mereka ingkar kepada hari kemudian.

38. Dan aku pengikut agama bapak-bapakku yaitu Ibrahim, Ishak dan Ya’qub. Tiadalah patut bagi kami (para Nabi) mempersekutukan sesuatu apapun dengan Allah. Yang demikian itu adalah dari karunia Allah kepada kami dan kepada manusia (seluruhnya); tetapi kebanyakan manusia tidak mensyukuri (Nya).

39. Hai kedua penghuni penjara, manakah yang baik, tuhan-tuhan yang bermacam-macam itu ataukah Allah Yang Maha Esa lagi Maha Perkasa?

40. Kamu tidak menyembah yang selain Allah kecuali hanya (menyembah) nama-nama yang kamu dan nenek moyangmu membuat-buatnya. Allah tidak menurunkan suatu keteranganpun tentang nama-nama itu. Keputusan itu hanyalah kepunyaan Allah. Dia telah memerintahkan agar kamu tidak menyembah selain Dia. Itulah agama yang lurus, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui”.

41. Hai kedua penghuni penjara: “Adapun salah seorang diantara kamu berdua, akan memberi minuman tuannya dengan khamar; adapun yang seorang lagi maka ia akan disalib, lalu burung memakan sebagian dari kepalanya. Telah diputuskan perkara yang kamu berdua menanyakannya (kepadaku)”.

🌾Subhanallah.. Allah tidaklah sia-sia dalam firman-Nya, selalu ada hikmah didalam ayat.

‼Inilah karakteristik dakwah para Nabi. “Tauhid First!!” Adakah yang mau mengikuti dan mengambil pelajaran.. Allah berfirman

قُلْ هَٰذِهِ سَبِيلِي أَدْعُو إِلَى اللَّهِ ۚ عَلَىٰ بَصِيرَةٍ أَنَا وَمَنِ اتَّبَعَنِي ۖ وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِينَ

Katakanlah: “Inilah jalan (agama)ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik”. (QS. Yusuf: 108)

🌱Semoga kita semua mati dalam keadaan akhir ucapan mengucapkan Laa ilaaha Illa Allah karena cintanya kepada dakwah tauhid.

#YukFokusDakwahTauhid

✨✨Allahu A’lam ✨✨

September 4, 2016 - Posted by | dasar islam, KAJIAN TAUHID, WhatsApp

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: