Salafy Garut

Ilmu-Amal-Dakwah-Sabar

MEMAKAI GELANG DAN SEJENISNYA UNTUK MENANGKAL BAHAYA ADALAH PERBUATAN SYIRIK (Bag. 1)

​✨✨KAJIAN TAUHID✨✨
📚Bab VI MEMAKAI GELANG DAN SEJENISNYA UNTUK MENANGKAL BAHAYA ADALAH PERBUATAN SYIRIK
🌱 Dimulai dengan bab ini, penulis hendak menerangkan lebih lanjut tentang pengertian tauhid dan syahadat “La Ilaha Illallah”, dengan menyebutkan hal-hal yang bertentangan dengannya, yaitu : syirik dan macam-macamnya, baik yang akbar maupun yang ashghor, karena dengan mengenal syirik sebagai lawan tauhid akan jelas sekali pengertian yang sebenarnya dari tauhid dan syahadat “La Ilah Illah”.
💫Dalil pertama Allah Subhanahu wata’ala berfirman :

…قُلْ أَفَرَأَيْتُمْ مَا تَدْعُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ إِنْ أَرَادَنِيَ اللَّهُ بِضُرٍّ هَلْ هُنَّ كَاشِفَاتُ ضُرِّهِ أَوْ أَرَادَنِي بِرَحْمَةٍ هَلْ هُنَّ مُمْسِكَاتُ رَحْمَتِهِ ۚ قُلْ حَسْبِيَ اللَّهُ ۖ عَلَيْهِ يَتَوَكَّلُ الْمُتَوَكِّلُونَ

“..Katakanlah (hai Muhammad kepada orang-orang musyrik) : terangkanlah kepadaku tentang apa yang kamu seru selain Allah, jika Allah hendak mendatangkan kemudharotan kepadaku, apakah berhala-berhala itu dapat menghilangkan kemudharotan itu ?, atau jika Allah menghendaki untuk melimpahkan suatu rahmat kepadaku apakah mereka mampu menahan rahmatNya ?, katakanlah : cukuplah Allah bagiku, hanya kepadaNyalah orang orang yang berserah diri bertawakkal.” (QS. Az zumar, 38)
📝 Sisi pendalilan ayat ini adalah bahwasanya berhala-berhala tersebut *tidak* mampu memberikan manfat dan menolak mudharat (kejelekan) bagi penyembahnya. Oleh karena itu beribadah kepada berhala *bukan* merupakan sebab untuk memperoleh manfaat atau menolak mudharat.

Nah keadaannya di-qiyaskan (analogikan) kepada pengguna tamimah/ jimat yang telah mengambil sesuatu sebagai sebab , padahal sesuatu tersebut *bukan* merupakan sebab untuk mendatangkan manfaat atau menolak mudharat.
💫Sisi Pendalilan dari Hadits :

Imron bin Husain Radhiallahu’anhu menuturkan bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam melihat seorang laki-laki memakai gelang yang terbuat dari kuningan, kemudian beliau bertanya :
“ما هذه ؟، قال : من الواهنة، فقال : انزعها فإنها لا تزيدك إلا وهنا، فإنك لو مت وهي عليك ما أفلحت أبدا ”
“Apakah itu ?”, orang laki-laki itu menjawab : “Gelang penangkal penyakit”, lalu Nabi bersabda : “ *Lepaskan gelang itu*, karena sesungguhnya ia tidak akan *menambah* kecuali *kelemahan* pada dirimu, dan jika kamu *mati* sedangkan gelang ini masih ada pada tubuhmu maka kamu *tidak akan beruntung selama lamanya*.” (HR. Ahmad dengan sanad yang bisa diterima)
🍃 Faidah hadits ini :
1⃣. *Larangan keras* memakai gelang, benang dan sejenisnya untuk tujuan-tujuan seperti tersebut diatas.
2⃣.Dikatakan bahwa sahabat Nabi tadi apabila mati sedangkan gelang (atau sejenisnya) itu masih melekat pada tubuhnya, maka ia *tidak akan beruntung selamanya*, ini menunjukkan kebenaran pernyataan para sahabat bahwa syirik kecil itu lebih berat dari pada dosa besar. Sahabat saja diancam apalagi yang levelnya lebih rendah dari mereka seperti kita!!.
3⃣. *Syirik tidak dapat dimaafkan dengan alasan tidak mengerti.*(yuk kita kaji lebih dalam lagi masalah syirik dan tauhid, jangan sampai musyrik tanpa sadar.. waliyyadzubillah)
4⃣.Gelang, benang dan sejenisnya *tidak berguna* untuk menangkal atau mengusir suatu penyakit, *bahkan ia bisa mendatangkan bahaya*, seperti sabda Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wasallam : “… karena dia hanya akan menambah kelemahan pada dirimu”.
5⃣. *Wajib* mengingkari orang-orang yang melakukan perbuatan di atas.
🌱Silahkan dishare agar kaum muslimin mendapatkan manfaat juga
✨✨Allohu A’lam✨✨

September 9, 2016 - Posted by | dasar islam, KAJIAN TAUHID, WhatsApp

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: