Salafy Garut

Ilmu-Amal-Dakwah-Sabar

Bab Ruqyah dan Tamimah (jimat), Pasal Tambahan Mengenal Ruqyah sebagai media kesembuhan

​✨✨ *KAJIAN TAUHID*✨✨

📚 *Bab Ruqyah dan Tamimah (jimat)*
📝 Pasal Tambahan *Mengenal Ruqyah sebagai media kesembuhan*

❓❓Apa sih Ruqyah…

➡ Ruqyah adalah jampi-jampi/ bacaan/ mantra yang dibacakan untuk orang yang terkena gangguan seperti demam, kesurupan, dll

❓❓Apakah Ruqyah  untuk penyakit batin saja?

➡ Tidak, namun mencakup obat jasmani juga berdasarkan keumuman ayat dan riwayat-riwayat berikut :

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ ۙ وَلَا يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إِلَّا خَسَارًا
Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi *penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman* dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian. (QS. Al-Isro : 82)

يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءَتْكُمْ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّكُمْ وَشِفَاءٌ لِمَا فِي الصُّدُورِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ
Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan *penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.*(QS. Yunus : 57)

🖋Sehingga Al-Qur’an adalah *senjata yang paling ampuh* , namun tentunya senjata harus dipegang dengan tangan orang yang benar yang bisa mengoperasikannya (ahli ilmu), jika seseorang mempunyai golok namun yang megang adalah anak bayi tentunya musuh tidak akan takut dengan bayi tersebut!! malah bisa-bisa anak bayi tersebutlah yang terkena bahaya karena dekat dengan senjata.

📌Adapun dalil dari hadits disebutkan mengenai kegunaan/ manfaat surah Al-Fatihah untuk ruqyah penyembuhan
ِ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ

أَنَّ نَاسًا مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَتَوْا عَلَى حَيٍّ مِنْ أَحْيَاءِ الْعَرَبِ فَلَمْ يَقْرُوهُمْ فَبَيْنَمَا هُمْ كَذَلِكَ إِذْ لُدِغَ سَيِّدُ أُولَئِكَ فَقَالُوا هَلْ مَعَكُمْ مِنْ دَوَاءٍ أَوْ رَاقٍ فَقَالُوا إِنَّكُمْ لَمْ تَقْرُونَا وَلَا نَفْعَلُ حَتَّى تَجْعَلُوا لَنَا جُعْلًا فَجَعَلُوا لَهُمْ قَطِيعًا مِنْ الشَّاءِ فَجَعَلَ يَقْرَأُ بِأُمِّ الْقُرْآنِ وَيَجْمَعُ بُزَاقَهُ وَيَتْفِلُ فَبَرَأَ فَأَتَوْا بِالشَّاءِ فَقَالُوا لَا نَأْخُذُهُ حَتَّى نَسْأَلَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَسَأَلُوهُ فَضَحِكَ وَقَالَ وَمَا أَدْرَاكَ أَنَّهَا رُقْيَةٌ خُذُوهَا وَاضْرِبُوا لِي بِسَهْمٍ

dari Abu Sa’id Al Khudri radliallahu ‘anhu bahwa beberapa orang sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam mengadakan suatu perjalanan, ketika mereka melewati salah satu perkampungan dari perkampungan Arab, orang-orang kampung tersebut tidak menerima mereka, ketika sikap mereka masih seperti itu seorang pemimpin mereka terkena sengatan kalajengking, lalu mereka pun berkata; “Apakah diantara kalian ada yang mempunyai obat, atau seorang yang bisa meruqyah?” lalu para sahabat Nabi pun berkata; “Sesungguhnya kalian tidak mau menerima kami, maka kamipun tidak akan melakukannya sehingga kalian memberikan imbalan kepada kami, ” akhirnya mereka pun berjanji akan memberikan beberapa ekor kambing.”Lalu seorang sahabat Nabi membaca *Ummul Qur`an (Al-fatihah)* dan mengumpulkan ludahnya seraya meludahkan kepadanya hingga laki-laki itu sembuh, kemudian orang-orang kampung itu memberikan kepada para sahabat Nabi beberapa ekor kambing.” Namun para sahabat Nabi berkata; “Kita tidak akan mengambilnya hingga kita bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tentang hal ini, ” lalu mereka bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam tentang pemberian itu hingga membuat beliau tertawa. Beliau bersabda: “Tidak tahukah bahwa itu ruqyah, ambillah pemberian tersebut dan berilah bagiannya untukku.” (HR. Bukhori no 5736)

🖊Ibnul Qoyyim berkata, “Al-Qur’an adalah *obat yang sempurna untuk segala penyakit*, penyakit hati dan badan, penyakit dunia dan penyakit akhirat. Apabila seorang yang sakit pandai mencari obat, lalu menggunakannya dengan penuh keyakinan dan keimanan, maka ia *pasti manjur.* Bagaimana tidak, sebab obat tersebut adalah firman Allah? Kalimat yang apabila diturunkan kepada bumi, *bumi akan terpecah karenanya.* Semua penyakit fisik dan nonfisik ada obatnya di dalam Al-Qur’an. *Siapa yang tidak bisa sembuh dengan Al-Qur’an maka Allah tidak akan menyembuhkannya.* ” (Zaadul Ma’ad)

🖋 Pada kesempatan lain Imam Ibnul Qayyim rahimahullah berkata: “Pada suatu ketika aku pernah jatuh sakit, tetapi aku tidak menemukan seorang dokter atau obat penyembuh. Lalu aku berusaha mengobati dan menyembuhkan diriku dengan surat Al Fatihah, maka aku melihat pengaruh yang sangat menakjubkan. Aku ambil segelas air zam-zam dan membacakan padanya surat Al Fatihah berkali-kali, lalu aku meminumnya hingga aku mendapatkan kesembuhan total  dengan izin Allah. Selanjutnya aku bersandar dengan cara tersebut dalam mengobati berbagai penyakit dan aku merasakan manfaat yang sangat besar (sebagai obat yang mujarab)”.

➡ Bahkan berobat dengan Al-Qur’an merupakan sunnah Nabi yang sudah banyak diabaikan orang, begitu juga enggan berobat dengan Al-Qur’an dan mencari kesembuhan dengannya adalah satu bentuk menjauhi Al-Qur’an.

Allah berfirman

وَقَالَ الرَّسُولُ يَا رَبِّ إِنَّ قَوْمِي اتَّخَذُوا هَٰذَا الْقُرْآنَ مَهْجُورًا
Berkatalah Rasul: “Ya Tuhanku, sesungguhnya kaumku menjadikan Al Quran itu sesuatu yang *tidak diacuhkan* (dicuekin)”. (QS. Al-Furqon : 30)

Sebagai penutup agar kita semangat mempelajari dan menggunakan Al Qur’an kita ulangi lagi ucapan yang dalam dari Ibnul Qayyim *”Siapa yang tidak bisa sembuh dengan Al Qur’an maka Allah tidak akan menyembuhkannya” (tentunya dengan ditambah ikhtiar lain yang tidak menyalahi Al Qur’an)*

✨Allohu A’lam✨

November 9, 2016 - Posted by | dasar islam, KAJIAN TAUHID, WhatsApp

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: