Salafy Garut

Ilmu-Amal-Dakwah-Sabar

Siapakah Laata, Uzza, Mannat ??dan kisah menarik masuk Islamnya juru kuncen tempat keramat!!

✨✨ *KAJIAN TAUHID*✨✨

📚 *Bab Ngalap Berkah / Tabarruk / Mengharapkan Berkah dari Pepohonan, Bebatuan atau yang Sejenisnya*

📌 *Siapakah Laata, Uzza, Mannat ??dan kisah masuk Islamnya juru kuncen tempat keramat!!*

🌱Allah berfirman
أَفَرَأَيْتُمُ اللَّاتَ وَالْعُزَّىٰ

Maka apakah patut kamu (hai orang-orang musyrik) menganggap *al Lata dan al Uzza,*
وَمَنَاةَ الثَّالِثَةَ الْأُخْرَىٰ

*dan Manah* yang ketiga, yang paling terkemudian (sebagai anak perempuan Allah)?
أَلَكُمُ الذَّكَرُ وَلَهُ الْأُنْثَىٰ

Apakah (patut) untuk kamu (anak) laki-laki dan untuk Allah (anak) perempuan?
تِلْكَ إِذًا قِسْمَةٌ ضِيزَىٰ

Yang demikian itu tentulah suatu pembagian yang tidak adil.
إِنْ هِيَ إِلَّا أَسْمَاءٌ سَمَّيْتُمُوهَا أَنْتُمْ وَآبَاؤُكُمْ مَا أَنْزَلَ اللَّهُ بِهَا مِنْ سُلْطَانٍ ۚ إِنْ يَتَّبِعُونَ إِلَّا الظَّنَّ وَمَا تَهْوَى الْأَنْفُسُ ۖ وَلَقَدْ جَاءَهُمْ مِنْ رَبِّهِمُ الْهُدَىٰ

Itu tidak lain *hanyalah nama-nama yang kamu dan bapak-bapak kamu mengadakannya;* Allah tidak menurunkan suatu keteranganpun untuk (menyembah)nya. Mereka tidak lain hanyalah mengikuti sangkaan-sangkaan, dan apa yang diingini oleh hawa nafsu mereka dan sesungguhnya telah datang petunjuk kepada mereka dari Tuhan mereka.
(QS. An-Najm 19-23)
⚡ Mari kita mengenal mereka!!.
🔥 *Al-Laata*
➡Laata adalah Nama seseorang yang dahulu dia suka memberi makan kepada orang yang berhaji dengan sawik (makanan dari tepung), disebutkan pula dia sering duduk diatas batu dan suka menghibur orang yang melihatnya dengan mengambil anggur thaif dan aqath dan membuat makanan untuk diberikannya kepada orang yang melewatinya. *Ketika dia telah mati orang-orang pun mendatangi kuburannya, mengagungkannya dan menyembah kepadanya.* Sebagian mereka mengira ia adalah Amir bin Adh Dharb.

🔨Ibnu Hisyam berkata “Maka Rasulullah mengutus Mughirah bin Syu’bah, lalu dia menghancurkannya dan membakarnya.”

🔥 *Al-Manat*
➡ Manat adalah patung yang terletak diantara Makkah dan Madinah

⛏Ibnu Hisyam berkata “Lalu Rosulullah mengutus Ali, dan Ali menghancurkannya pada perang Fathul Makkah/ penaklukan Makkah”. Kalau ini terjadi di Indonesia mungkin atau pasti Ali dan Nabi bakal dibilang “Extrimis Wahhabi!!” 😀

🔥 *Al-Uzza*
➡ Uzza adalah pohon yang diatasnya ada bangunan dan sitar (kain penutup) yang terdapat di daerah Nakhlah, antara Makkah dan Thaif.
🍃 Dahulu orang-orang Quraisy mengagungkannya. Nih hampir miriplah kayak di Gunung Bintan (beberapa waktu lalu) atau mungkin di tempat-tempat lain ada pohon dikasih deh kain-kain pembatas yang ga tau maksud dan fungsinya buat apaan, terus diagungin dan dikasih bumbu macam-macam.

⛏Adapun mengenai penghancuran Uzza ini terdapat riwayat dari An-Nasa’i, dari Abu Thufail, dia berkata, “Ketika Rasulullah menaklukkan Makkah, beliau mengutus Khalid bin Walid ke Nakhlah dan disana ada Uzza. Uzza berada di atas tiga pohon. Lalu Khalid menebang ketiga pohon tersebut, dan menghancurkan rumah/ bangunan yang diatasnya. Kemudian dia menemui Rosulullah dan memberi kabar gembira kepadanya. Maka Rasulullah bersabda, ‘kembalilah kamu, sesungguhnya kamu belum berbuat sesuatu.’ Lalu Khalid kembali. Ketika para juru kuncen itu melihatnya, mereka memusatkan pandangan ke gunung dan berkata, ‘wahai Uzza, wahai Uzza.’ Lalu Khalid mendatanginya, ternyata disana ada perempuan telanjang (jin) dengan rambut terurai sambil mengepal pasir di kepalanya. Lalu Khalid menebasnya dengan pedang dan membunuhnya. Kemudian Khalid kembali kepada Rosulullah dan memberi kabar kepadanya. Beliau bersabda, ‘itu adalah Uzza.'”

✨ Faidah lain dari riwayat ini (OOT) adalah bahwa jin tidaklah hidup kekal, bahkan bisa dibunuh, zaman Khalid dengan tebasan pedang, bisa saja di zaman kita bisa dengan menyiram air panas lalu ada jin yang meninggal karena terkena air panas, bisa juga jin mati karena tertembak, kebacok, bahkan kena bom!!.

🖊Catatan : Rosulullah dalam masalah syirik dan kesyirikan tidak ada enak gak enakan dengan budaya, hajarr abizz..‼ Sehingga sangat disayangkan kepada Negara Indonesia yang dalam acara-acara resmi sering didoakan *Baldatun Thoyyibatun wa Robbun Ghofur* ternyata sebagian tempat kesyirikan justru dijadikan cagar budaya, dilestarikan, bahkan di sebuah hotel ada tempat khusus buat nginepnya Nyi Roro Kidul.. Laa Haula Wa Laa Quwwata Illa Billah!!

💡Kalau kita mau lihat sejarah, niscaya dengan penghancuran tempat-tempat keramat ini justru akan lebih banyak mengislamkan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara kita.. betul gak?? 😀 ada kisah menarik akan hal ini.

✍🏻 Bahwasanya Amr Bin Ash saat penghancuran berhala Suwa’ (berhala kaum Nuh yang masih dilestarikan oleh pemerintah jahiliyah saat itu dan dianggap sakti) 😀 bertemu dengan Juru Kuncennya, dan terjadilah dialog.

– Juru Kunci : Kamu mau apa?
+ Amr bin Ash : Aku diperintahkan Rosulullah untuk menghancurkan tuhanmu yang keji
– Juru Kunci : Kamu gak akan bisa menghancurkannya
+ Amr bin Ash : Mengapa aku tidak bisa meruntuhkannya
– Juru Kunci menjawab : Ya. karena ia akan mempertahankan dirinya..
+ Amr bin Ash : Memang kamu selamanya dan sampai hari ini juga dalam kesesatan. Celakalah kamu. Apakah ia dapat mendengar dan melihat? (Tuh juru kuncen diem dan Amr bin Ash dan pasukannya menghampiri tempat itu dan langsung menghancurkan dan meruntuhkannya.. bredel-bredel 🔨⛏🔨⛏) setelah mission completed Amr bin Ash bertanya.
+ Amr bin Ash : sekarang, apa yang kamu lihat? Adakah apa-apa padanya?? Dapatkah ia mempertahankan dirinya??
– Juru Kunci menjawab : *”Aku menyerahkan diri kepada Allah. Sekarang, aku mengikuti Islam karena Allah.”*

💡Dengan demikian, berhala Suwa yang terkenal sakti dan keramat itu dengan seketika hancur dan juru kuncennya seketika itu juga mengikuti Islam dengan dakwah Tauhid…
🍃Silahkan dipraktekkan dengan *hikmah dan lemah lembut* terhadap keluarga dan masyarakat kita, sampaikan ilmu kepada mereka, sukur-sukur kalau mereka menerima, Anda akan mendapatkan pahala yang besar (bi idznillah), namun jika mereka menolak maka doakanlah, setiap dai pasti ada rintangan, minimal mungkin Anda akan di cap “Wahhabi” 😀 barokallahufiykum.
Maroji :
-Fathul Majid
-e-book Kelengkapan Tarikh Nabi Muhammad saw. III

✨Allahu A’lam✨

Iklan

Januari 9, 2017 - Posted by | dasar islam, KAJIAN TAUHID, Tabarruk, WhatsApp

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: