Salafy Garut

Ilmu-Amal-Dakwah-Sabar

Serba-serbi kasuistis menyembelih!!ente pernah ngalamin yang mana

โœจโœจ *KAJIAN TAUHID*โœจโœจ

๐Ÿ“š *Bab X Menyembelih Binatang Bukan Karena Allah*
โœ๐Ÿป *Serba-serbi kasuistis menyembelih!!ente pernah ngalamin yang mana* ๐Ÿ˜€
๐Ÿ’ซ Setelah kita mengetahui 2 hal penting dalam penyembelihan yaitu
1โƒฃ. Niat ditujukan kesiapa (al-Qoshdu)
โšกCacat dalam hal ini maka jatuh dalam syirik ibadah (karena dia meniatkan untuk selain Allah) dan hukumnya syirik akbar keluar dari Islam.
2โƒฃ. Tasmiyah (pengucapan Nama Allah dalam penyembelihan)
โšกCacat dalam hal ini maka jatuh dalam syirik isti’anah (permintaan tolong dan pengambilan berkah) dan hukumnya syirik akbar keluar dari Islam.
๐Ÿ”“ Maka terbagilah hukum-hukum sebagai berikut
1โƒฃ. Jika seorang muslim menyembelih ditujukan sebagai pendekatan diri kepada Allah dalam al-Qoshdu (seperti iedul Adha, Aqiqah, dam dll) dan dalam menyembelih dia mengucapkan bismillah dalam tasmiyah-nya maka dia adalah *ahli tauhid, dan halal dimakan sesembelihannya.*
2โƒฃ. Jika seseorang menyembelih diniatkan tidak dalam rangka pendekatan diri kepada Allah seperti buat makan sehari-hari atau untuk jualan, dan dia mengucapkan bismillah dalam sembelihannya maka *hukumnya mubah dan halal dimakan sembelihannya.*
3โƒฃ. Jika seseorang menyembelih diniatkan untuk pendekatan kepada *selain Allah* seperti
๐Ÿ”ฅ jin penunggu suatu wilayah karena dia akan membangun jembatan atau,
๐Ÿ”ฅ jin “penguasa daerah” karena dia ingin membuat rumah sehingga menanam kepala kerbau di pondasi rumah, atau
๐Ÿ”ฅ”penguasa” wilayah Lapindo agar lumpurnya tidak keluar terus, atau
๐Ÿ”ฅ jin / tenaga dalam / khodam agar dia tetap “sakti”, atau
๐Ÿ”ฅ penyembelihan untuk makam Kyai/ Habib/ Syeikh/ Ustad / Ratu Pantai Selatan / Presiden dll.
โŒmaka *haram dimakan daging sesembelihannya dan menjadi najislah* daging dan darahnya, karena kedudukannya sudah menjadi bangkai, sehingga sayur/ nasi/ tempe/ kuah yang tercampur oleh daging tersebut menjadi najis walaupun tidak bau dan walaupun dia saat menyembelih mengucapkan bismillah. Orang ini telah jatuh dalam syirik ibadah.
4โƒฃ. Jika seseorang menyembelih diniatkan kepada Allah namun dia mengucapkan nama selain Allah dalam menyembelih seperti Bismi Nabi Muhammad/ Bismi Hussein/ Bismi Nyi Roro Kidul / Bismi Dewi Sri / Bismi Yesus / Bismi Sunan Kali Jogo wa Sunan Ampel dll maka dia telah jatuh kepada kesyirikan (yaitu syirik dalam hal isti’anah/ permintaan tolongan/ berkah) sehingga hasil sesembelihannya pun menjadi haram dan najis.
Allah berfirman
ูˆูŽู„ูŽุง ุชูŽุฃู’ูƒูู„ููˆุง ู…ูู…ู‘ูŽุง ู„ูŽู…ู’ ูŠูุฐู’ูƒูŽุฑู ุงุณู’ู…ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽููุณู’ู‚ูŒ…
Dan janganlah kamu memakan binatang-binatang yang tidak disebut nama Allah ketika menyembelihnya. Sesungguhnya perbuatan yang semacam itu adalah suatu kefasikan…. (QS.Al-An’am 121)
5โƒฃ. Jika seseorang menyembelih yang mubah seperti untuk jualan dan makan sehari-hari namun dia *lupa membaca bismillah* , maka para ulama khilaf dalam hal ini, apakah sesembelihannya sah dan halal dimakan atau sesembelihannya tidak sah sehingga otomatis haram dimakan.
6โƒฃ. Jika seseorang menyembelih untuk acara bid’ah seperti perayaan hari kelahiran, menyembelih saat sholat istiso’ dll maka sesembelihannya bid’ah dan dia berdosa namun status dagingnya tetap halal untuk dimakan selama 2 syarat diatas terpenuhi.
7โƒฃ. Jika seseorang disuguhi/ memakan daging ayam/ kambing di rumah orang kafir Ahli Kitab seperti Kristen atau Yahudi (karena kekafiran dibagi 2 yaitu musyrikin dan ahli kitab) maka diperbolehkan untuk memakannya, berdasarkan riwayat bahwa Nabi dan para sahabat pernah makan di rumah orang Yahudi. Hal yang sama pun berlaku jika mendapat daging import dari negara kafir ahli kitab seperti negara Amerika / negara Israel selama disembelih dengan benar, tidak dengan cara dicekik, ditenggelamkan atau dipukul.
Allah berfirman
ุงู„ู’ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุฃูุญูู„ู‘ูŽ ู„ูŽูƒูู…ู ุงู„ุทู‘ูŽูŠู‘ูุจูŽุงุชู ูˆูŽุทูŽุนูŽุงู…ู ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ุฃููˆุชููˆุง ุงู„ู’ูƒูุชูŽุงุจูŽ ุญูู„ู‘ูŒ ู„ูŽูƒูู…ู’ ูˆูŽุทูŽุนูŽุงู…ููƒูู…ู’ ุญูู„ู‘ูŒ ู„ูŽู‡ูู…ู’

โ€œPada hari ini dihalalkan bagimu yang baik-baik, makanan (sembelihan) orang-orang yang diberi Al kitab itu halal bagimu, dan makanan kamu halal (pula) bagi mereka.โ€ (QS. Al-Maidah :5)
8โƒฃ. Jika seseorang disuguhi sesembelihan orang kafir musyrik (non Ahli Kitab) seperti Syiah Rofidhoh/ Buddha, Hindu, Kong Hutchu , Agnostik , Atheis maka sesembelihannya najis dan haram untuk dimakan. Hal yang sama pun berlaku jika mendapat daging import dari negara kafir musyrik seperti negara China.
9โƒฃ. Jika seseorang membeli daging di pasar kaum muslimin dan pedagangnya kaum muslimin maka dagangannya halal dimakan dan dia tidak diperintah untuk takalluf (memberat-beratkan diri untuk kepo mau tau, benar atau tidak nyembelihnya) karena seorang muslim hukum asalnya selamat sampai ditemukan kesalahan yang meyakinkan.
๐Ÿ”Ÿ. Jika menyembelih tidak menyebut nama siapapun dan bukan dalam rangka ibadah maka ini merupakan bentuk kemaksiatan.
1โƒฃ1โƒฃ. Jika menyembelih ikan/ belalang untuk selain Allah dan menggunakan nama selain Allah juga maka perbuatannya kekafiran yang nyata namun status dagingnya *boleh dimakan* , karena bangkai ikan dan belalang boleh dimakan.
1โƒฃ2โƒฃ. Jika ditemukan sesajian dijalan berupa buah-buahan seperti apel, jeruk, jus dll yang jelas ditujukan untuk selain Allah seperti kuburan atau berhala orang kafir maka halal dimakan. Karena tidak ada bangkai untuk buah-buahan.

โœจAllohu A’lamโœจ

Iklan

Januari 19, 2017 - Posted by | dasar islam, KAJIAN TAUHID, Sembelihan, WhatsApp

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: