Salafy Garut

Ilmu-Amal-Dakwah-Sabar

Bab X Menyembelih Binatang Bukan Karena Allah 🔥 Pelaknatan 4 Pelaku

✨✨ *KAJIAN TAUHID*✨✨

📚 *Bab X Menyembelih Binatang Bukan Karena Allah*

🔥 *Pelaknatan 4 Pelaku*

🌾Ali bin Abi Tholib Radhiallahu’anhu berkata :

“Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda kepadaku tentang empat perkara :

“لعن الله من ذبح لغير الله، لعن الله من لعن والديه، لعن الله من آوى محدثا، لعن الله من غير منار الأرض”

“Allah melaknat orang-orang yang menyembelih binatang bukan karena Allah, Allah melaknat orang-orang yang melaknat kedua orang tuanya, Allah melaknat orang-orang yang melindungi orang yang berbuat kejahatan, dan Allah melaknat orang-orang yang merubah tanda batas tanah”. (HR. Muslim)

🔓 Faidah hadis ini

1⃣. Makna Laknat adalah dijauhkan dari rahmat Allah!! wal iyyadzubillah padahal kita masuk surga karena *rahmat* Allah bukan karena ibadah kita!! ini menunjukkan dosa laknat ini sangat besar!!
2⃣. Orang yang pertama kali dilaknat oleh Allah berdasarkan hadits diatas adalah orang yang menyembelih karena selain Allah. Dan perbuatan ini adalah perbuatan kekafiran. Baik saat menyembelihnya menggunakan Nama selain Allah atau Sembelihan itu diniatkan untuk selain Allah dalam beribadah.
3⃣. Dilaknat orang yang melaknat kedua orang tuanya, hal itu bisa terjadi bila ia melaknat kedua orang tua seseorang, lalu orang tersebut melaknat kedua orang tuanya.

مِنْ الْكَبَائِرِ أَنْ يَشْتُمَ الرَّجُلُ وَالِدَيْهِ قَالُوا وَكَيْفَ يَشْتُمُ الرَّجُلُ وَالِدَيْهِ قَالَ يَسُبُّ أَبَا الرَّجُلِ فَيَسُبُّ أَبَاهُ وَيَسُبُّ أُمَّهُ فَيَسُبُّ أُمَّهُ

“Termasuk dosa besar seseorang mencela kedua orang tuanya”. Para sahabat bertanya, “Bagaimana seseorang bisa mencela kedua orang tuanya ?” Nabi Shollallahu ‘alaihi wa Sallam menjawab, “Seseorang mencela ayah orang lain lalu orang lain tersebut membalas mencela ayahnya kemudian dia membalas mencela ibu orang lain lalu orang lain tersebut membalas dengan mencela ibunya”  (HR. Ahmad no. 6529. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan, “Sanadnya shohih sesuai syarat Bukhori Muslim.)
❌ Nih hati-hati ya.. biasanya anak SD zaman dulu suka ada yang kayak gini nih, nyebut nama bapak/ ibunya terus diledek sehingga dibales lagi sama temannya, bahkan sampai ada yang sampai kepo nyari nama orang tua temannya buat diledekin dan dijadiin becandaan.
4⃣. Riwayat tersebut jika dibaca
➡ muhditsan (dengan kasroh) maka maknanya dilaknatnya orang yang melindungi pelaku kajahatan, yaitu orang yang memberikan perlindungan kepada seseorang yang melakukan kejahatan seperti korupsi/ fraud/ penista agama/ teroris yang wajib diterapkan kepadanya hukum Allah.

➡ Jika riwayat tersebut dibaca muhdatsan  (dengan fathah) maka maknanya yaitu suatu bid’ah yang diada-adakan , makna membela disini adalah rela dan terus menjalaninya, karena jika ia rela dengan bid’ah dan tidak mengingkarinya, maka ia telah melindunginya ‼.

💫Yuk mari kita pelajari lagi Islam dari sumbernya (al-Qur’an dan As Sunnah) bukan dari katanya dan katanya, agar kita tidak terkena laknat riwayat ini.
5⃣. Dilaknat pula orang yang merubah tanda-batas tanah, yaitu merubah tanda yang membedakan antara hak milik seseorang dengan hak milik tetangganya, dengan digeser maju atau mundur.

Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ أَخَذَ شِبْرًا مِنَ الأَرْضِ ظُلْمًا، فَإِنَّهُ يُطَوَّقُهُ يَوْمَ القِيَامَةِ مِنْ سَبْعِ أَرَضِيْنَ

“Barangsiapa yang mengambil sejengkal tanah secara zalim, maka Allah akan mengalungkan tujuh bumi kepadanya.”
6⃣. Ada perbedaan antara melaknat orang tertentu dengan melaknat orang-orang ahli maksiat secara umum. Riwayat ini menunjukkan diperbolehkan untuk melaknat orang-orang zhalim tanpa menunjuk orangnya.
7⃣. Dalam riwayat ini terkait yang dilaknat ada yang dosanya sampai ke kafiran dan ada yang dosanya di kemaksiatan. Semoga Allah melindungi kita semua, sesungguhnya Dia Maha Pendengar doa.
8⃣. Bantahan terhadap agama Syi’ah yang mengatakan ada wasiat khusus dari Nabi terhadap Ali terkait penunjukkan khalifah. Yang ada justru wasiat beliau terkait pelaknatan 4 perkara ini, dan merekalah yang terkena laknat riwayat ini karena melindungi bid’ah mereka ‼.

Dalam riwayat Ahmad dari Thufail riwayat tersebut berbunyi

” Kami berkata kepada Ali, ” Khabarilah kami sesuatu yang disampaikan Rosulullah kepadamu *secara rahasia* .” maka beliau menjawab, *”Beliau tidak pernah menyampaikan kepadaku secara rahasia yang disembunyikan orang-orang,* akan tetapi aku mendengar beliau bersabda, ‘ Allah melaknat orang yang menyembelih binatang dengan niat bukan karena Allah, Allah melaknat orang yang melindungi pelaku kejahatan, Allah melaknat orang yang melaknat kedua orang tuanya, Allah melaknat orang yang merubah batas tanah, yakni tanda-tandanya.’ ” (lihat Fathul Majid)

✨Allohu A’lam✨

Iklan

Januari 22, 2017 - Posted by | dasar islam, Sembelihan, WhatsApp

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: